Rabu, 08 Juni 2011

TEKANAN UDARA

          Bumi, planet yang kita tinggali ini, dilindungi oleh lapisan udara yang disebut atmosfer tekanan udara terjadi karena udara memiliki berat. Semakin tinggi suatu tempat, semakin kecil tekana udaranya. Hal itu disebabkan semain tinggi tempat, semakin tipis lapisan udaranya sehingga tekanan pun berkurang.

          Alat yang biasa digunakan untuk mengukur tekanan udaradisebut barometer. Jenis barometer yang sering digunakan saat ini adalah barometer raksa dan barometer aneroid.
          Barometer air raksa merupakan alat ukur tekanan udara yang dibuat kali pertama oleh Evangelista Torricelli (1608 – 1647), seorang fisikawan dari Italia. Tekanan udara pada barometer air raksa dibaca dalam sentimeter raksa (cmHg). Hingga saat in, kolam air raksa masih digunakan sebagai dasar pengukuran dari semua jenis barometer, termasuk barometer aneroid. Kelemahan barometer air raksa adalah tidak praktis.
          Tekanan udara dapat kita manfaatkan dalam kehidupan sehari – hari, antara lain : 
·         Untuk memasukan dan mengeluarkan cairan dalam suntikan
·         Untuk mengeluarkan susu kental manis dari kaleng yaitudengan cara membuat dua lubang yang satu sebagai tempat keluar susu. Lubang yang satu lagi sebagai tempat udara masuk yang akan menekan susu keluar dari dalam kaleng.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar