Rabu, 08 Juni 2011

TEKANAN

       Tekanan pada zat padat dapat didefinisikan sebagai besarnya gaya yang bekerja tegak lurus pada suatu bidang permukaan per satuan luas bidang permukaan tersebut. Secara matematis, tekanan pada zat pada ditanyakan sebagai : 
p= F/A
Dengan :
p = tekanan pada suatu bidang oermukaan (N/m2)
F = gaya yang bekerja pada suatu bidang permukaan (N)
A =luas bidang permukaan yang dikenai gaya (m2 )

Satuan tekanan berdasarkan SI ditetapkan dalam pascal (disingkat Pa). Hal itu merupakan bentuk pengharagaan terhadap Blaise Pascal, seorang ilmuan berkembangsaan Prancis yang telah menemukan prinsp Pascal. Dengan demikian :
I Pa = I N/m2
Tekanan pada zat cair
Tekanan pada zat cair biasa disebut tekanan hidrostatis. Tekanan hidrostatis adalah tekanan pada zat cair yang disebabkan oleh beratnya. Besarnya tekanan hidrostatis bergantung pada :
·         Massa jenis zat cair (ρ)
·         Percepatan gravitasi (g = 10 m/s2)
·         Kedalaman zat cair (h).

Dalam tekanan pada zat cair-jika kita kaitkan dengan kedalaman zat cair dalam suatu tempat- semakin dalam suatu tempat dalam zat cair, tekanan pada tempat tersebut akan semakin besar.
Itulah sebabnya, jika membangun suatu waduk ( bendungan air ), misalnnya saja waduk Saguling yang ada di daerah Provinsi Jawa Barat, waduk dibuat lebih tebal dari pada dindidng waduk. Tekanan pada dasar waduk lebih besar dibandingkan dengan tekanan pada dinding waduk.

                                                                                       

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar